Thursday, September 6, 2007

Jalan-jalan keliling Den Haaq di kala malam.....

Hari.....ini ga tau kenapa....saat aku lagi chatting dan berencana bobo...tiba2 Reni teman sebelah kamarku... kirim pesan...."Kak ayo jalan2....lagi suntuk nih....."
Aku begitu ingin menolak, tapi ku bayangkan...diriku saat pertama kali tiba di negeri tulip ini....
Saat itu begitu terasa sepi.... sisa2 musim semi tak mampu membuat aku tersenyum.... betapa aku ingin pulang....mencium pipi anakku....memeluknya sampai aku tertidur....
Betapa saat2 itu baru dua bulan berlalu...
Tanpa berpikir bahwa aku letih... seharian di kampus...ketemu teman2 kampus yang hampir berasal dari semua belahan dunia.... ada si Rachel cewek amrik yang mukanya kaya model... atau si Sachi..dari Jepang yang begitu lembut kalo ngomong.....ada juga si Amrita dari India yang begitu ingin aku ikut mencicipi makanan dari India.... atau si Muhammad Ali dari Pakistan yang tampak elegan cara berpakaiannya....dengar2 seh, dia termasuk orang yang punya jabatan penting di negaranya.... atau juga si Jane dari Ghana.... tetap tersenyum.... dengan rambut ala negro yang dikepang..... ada si Juan.... yang ganteng dari Peru.....
Apapun itu... aku memutuskan jalan keliling2 Den Haaq di waktu malam bersama Reni dan Bang Joy....si lelaki Batak yang mengaku....ini saat dia pertama kali tinggal begitu jauh dari anak dan istrinya..... wah ujung2nya ternyata kita benar2 senasib....
Ternyata..... walau angin bertiup cukup kencang.... dingin...tetapi... kami benar2 enjoy... menyusuri jalan2 di Den Haaq yang terlihat cantik dengan lampu2 malam....
Ke taman2.... berfoto2...menyaksikan orang2 ciuman di tempat terbuka....yang bisa juga mengobati...kangen kami yang tidak berujung.... terdampar dalam sepi.....
Aku teringat saat melihat...dua orang tua laki2 dan perempuan seumuran mamaku.... berciuman begitu hot di tempat terbuka.....olala...betapa mereka masih begitu menikmati ritual indah itu....
Alangkah berbeda dengan kenyataan yang ada di negeriku....semakin tua.... orang semakin merasa bahwa mereka harus menyembunyikan perasaan kasihnya terhadap pasangannya...
Ah,....kita sudah tua masa itu sudah lewat... begitu yang selalu diungkapkan....
Padahal....siapakah yang sanggup menghentikan menikmati ritual2 indah tersebut.... tanpa terhalang oleh umur atau apapun.............................

Den Haaq...... Pada kerinduan yang tak bernama..................

No comments: